News – Pertumbuhan kota-kota penyangga Ibu Kota kian pesat, bahkan telah menjadi pusat pertumbuhan baru. Tengok saja Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) kini telah menjadi destinasi investasi yang menjanjikan, tak salah bila kini Bodetabek menjadi incaran pengembang. Terlebih, pemerintah terus kebut peningkatan pembangunan akses transportasi dan infrastrukturnya.

Salah satunya adalah kawasan Bogor, Kawasan ini menyimpan potensi yang sangat besar dengan berbagai rencana peningkatan akses transportasi maupun infrastrukturnya. Seperti rencana jaringan jalan Bogor Outer Ring Road (BORR), Bogor Inner Ring Road (BIRR), jalan Poros Tengah Timur (jalur Puncak Dua), dan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan pembangunan infrastruktur kereta ringan (light rail transit/LRT) yang akan sampai ke Bogor.

Salah satu pengembang yang kini tengah mempersiapkan proyek terbarunya di Sentul adalah Ciputra Group. Melalui PT Ciputra Residence, proyek Citra Sentul Raya memiliki lahan pengembangan semuas 1.000 hektar. Kota Mandiri Citra Sentul Taya akan mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD), menyusul dipastikannya rencana pemerintah untuk melanjutkan tahap kedua pembangunan mega proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jabodetabek akhir tahun ini.

Kehadiran LRT memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan kawasan hunian yang mengusung TOD di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Selain memberikan keuntungan dapat memangkas jarak tempuh Sentul- Jakarta hanya dalam hitungan 60 menit. Moda transportasi massal LRT juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penggunannya nanti.